Kedudukan dan Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa


Dalam Negara Pancasila pandangan hidup masyarakat tercermin dalam kehidupan Negara yaitu pemerintah terikat oleh kewajiban constitutional, yaitu kewajiban pemerintah dan lain-lain penyelenggara Negara untuk memelihara budi pekerti kemanusiaan yang luhur dan memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur. Transformasi pandangan hidup masyarakat menjadi pandangan hidup bangsa dan akhirnya menjadi dasar Negara juga terjadi pada pandangan hidup pancasila. Sebelum pancasila dirumuskan menjadi dasar Negara dan dan ideology Negara.
Nilai-nilainya sudah terdapat dalam bangsa Indonesia dalam adat istiadat , dalam budaya serta dalam agama sebagai pandangan hidup masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia dalam hidup bernegara telah memiliki suatu pandangan hidup bersama yang bersumber pada akar budaya dan nilai-nilai religi. Dengan suatu pandangan hidup yang diyakininya bangsa Indonesia akan mampu memandang dan memecahkan segala persoalan yang dihadapinya dalam segala aspek seperti masalah politik, social budaya, ekonomi, hukum, hankam, dan persoalan lainnya.
Kedudukan dan fungsi pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia : Sebagai pandangan hidup bangsa indonesia, pancasila adalah kristalisasi atau kumpulan dari pengalaman hidup di dalam perjalanan sejarah dari bangsa indonesia yang telah membentuk, watak, perilaku, sikap, moral, etika serta tata nilai yang melahirkan pandangan hidup. Pancasila sebagai pandangan hidup, memberikan arah bagi negara indonesia dalam setiap kegiatan dan aktifitas hidup di bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Itulah pembahasan kami mengenai Kedudukan dan Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa.

0 Response to "Kedudukan dan Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa"

Posting Komentar